Network Programming 2 Membuat Aplikasi Stopwatch

Membuat Aplikasi Stopwatch Menggunakan Microsoft Visual Studio 2010


 Stopwatch adalah alat ukur besaran waktu yang dapat diaktifkan dan dimatikan. Stopwatch diaktifkan ketika pengukuran waktu akan dimulai dan pada akhir pengukuran bisa dihentikan (dimatikan). Ketika dihentikan, jarum stopwatch menunjukkan waktu sesuai dengan selang waktu stopwatch diaktifkan, bukan kembali ke nol. Dengan demikian, lama pengukuran dapat dibaca dengan mudah. Ketika pengukuran kembali dilakukan, cukup dengan menekan tombol untuk mengembalikan jarum ke posisi nol. Stopwatch terbagi menjadi dua jenis, yaitu stopwatch jarum dan stopwatch digital. 


Pada Postingan ini membahas tantang cara membuat Aplikasi Stopwatch dengan Menggunakan Microsoft Visual Studio 2010

Aplikasi Stopwatch

Komponen yang diburuhkan :

Cara Membuat :
buatlah Design form seperti dibawah ini 

Kemudian dengan dua buah tombol tersebut kita akan menjalankan timer yang
akan ditunjukan pada label di atas.

Jika
Start di tekan, maka Output Timer akan berjalan dengan di tunjukan pada
label, dan jika
Stop ditekan Output Timer akan berhenti. Berikut adalah kode
programnya:

Sebenarnya Microsoft Visual Studio 2010 sudah menyediakan kelas Stopwatch
dalam frameworknya, untuk memanggil fasilitas Stopwatch yang sudah disediakan
tambahkan code berikut pada baris program.
Kemudian buat sebuah variable yang bertipe data Stopwatch untuk menyimpan nilai dari stopwatch. Tipe data Stopwatch ini sebenarnya hampir sama dengan tipe data Time, namun tipe data Stopwatch bersifat continue dan dapat menampung nilai berupa waktu ter pendek (milisecond). Buatlah sebuah variable dengan code program sebagai berikut:


Pemberian nilai stopw = null untuk menandakan bahwa stopw bukanlah object dari kelas Stopwatch, tetapi hanya sebuah variable. Setelah merancang tampilan program (design) double klik pada object Timer1,


Code program “Elapsed” digunakan untuk menghitung berapa banyak waktu
yang dikeluarkan oleh stopwatch. Waktu yang telah dihitung bisa ditampilkan hanya jumlah milisecondnya saja “ElapsedMilliseconds”, atau bisa juga mengeluarkan jumlah menit, jumlah detik,jumlah jam, dan jumlah hari atau dalam bentuk string.

Untuk keluaran berupa string maka pilih “ToString”, kemudian karena ToString
merupakan sebuah method/fungsi maka perlu menambahkan kurung buka dan kurung tutup “ToString()”. Format stopwatch yang dirubah kedalam string secara default adalah Jam : Menit : Detik : Milidetik seperti tampilan disamping:
Namun, tampilan tersebut dapat diatur menjadi Jam saja, menit saja, detik
saja, atau jam:menit:detik sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Cara mengatur tampilan stopwatch yaitu dengan menambahkan (@”hh:\mm:\dd”); pada method ToString()

Selanjutnya untuk dapat memulai penggunaan stopwatch beberrapa code program dapat ditambahkan pada button_1 seperti berikut:


Pertama-tama variable stopw yang bertipe data Stopwatch akan dijadikan object yang mewakili kelas Stopwatch. Pembuatan object yang diambil dari variable
ini bertujuan agar object stopw dapat menjalankan semua sifat – sifat yang ada pada kelas Stopwatch seperti Start, Stop, dan Reset.
 
Selanjutnya untuk dapat menghentikan waktu yang telah dihitung secara konstant oleh stopwatch beberapa code program dapat ditambahkan pada button_2 sebagai berikut:

 
Aplikasi stopwatch telah selesai di buat, untuk menjalankan program ini dapat
dilakukan dengan menekan (click) tombol berwarna hijau (Start Debugging) ataudengan menekan F5



Selesai





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian seven segment dengan menggunakan IC 7447

Materi PAT Pramuka 2021