Rangkaian seven segment dengan menggunakan IC 7447

Assalamualaikum Wr.Wb.

cara membuat Rangkaian seven segment dengan menggunakan IC 7447 


Pengertian Rangkaian Digital

Rangkaian Digital adalah rangkaian yang merepresentasikan sinyal masukkan maupun keluarannya dengan menggunakan logika nilai diskrit. Logika nilai diskrit sendiri terdiri dari 2 kondisi yaitu kondisi di mana sebuah rangkaian bernilai 0 atau tidak beroperasi dapat disebut sebagai kondisi LOW, dan kondisi di mana sebuah rangkaian bernilai angka 1 yang mempunyai arti bahwa rangkaian tersebut sedang beroperasi. Bahasa logika/biner ini adalah bahasa satu-satunya yang dapat dimengerti oleh mesin, maka itulah untuk memberikan tingkat efisiensi dan efektifitas dari sebuah mesin maka diaplikasikanlah system digital. Rangkaian digital sendiri dapat terbagi menjadi 2 sifat, yaitu rangkaian kombinasional dan rangkaian sekuensial.

Pengertian Seven Segment

Seven Segment adalah suatu segmen-segmen yang digunakan menampilkan angka. Seven segment ini tersusun atas 7 batang led yang disusun membentuk angka 8 dengan menggunakan huruf a s/d g yang disebut dot matrix. Setiap segmen ini terdiri dari 1 atau 2 Light Emitting Diode ( LED ). Seven Segment merupakan gabungan dari 7 buah LED (Light Emitting Diode) yang dirangkaikan membentuk suatu tampilan angka.

           Seven segment terdiri dari susunan delapan buah LED. Seven segment biasanya digunakan untuk menampilkan angka pada jam digital, digital multimeter, dan peralatan elektronik lainnya yang menampilkan angka.

           Seven segment ada 2 tipe yaitu common anode dan common cathode. Bedanya common anode dan common cathode adalah pada kaki common nya, untuk common anode kaki common nya berupa anoda dari delapan LED, sedangkan common cathode kaki common nya berupa katoda dari delapan LED.

Langkah langkah pembuatan 7 segment menggunakan IC 7447


  • Sebelum anda membuat rangkaian silahkan anda download dan instal sofware Proteus 7 .setelah itu buka software tersebut dan akan muncul tampilan seperti berikut.


  • Setelah mebuka software.
  • langkah pertama yang anda lakukan, silahkan  siapkan komponen komponen yang akan anda rangkai dengan mengklik Ikon Pick parts pada Menubar Library.




Komponen yg anda gunakan untuk membuat rangkaian menggunakan IC 7447

                                              
IC 7447


Red,7-segment common Anode
Logic Toggle 


Power


  • Langkah selanjutnya adalah sambungkan semua komponen dengan menggunakan wire.   seperti gambar berikut.



  • Setelah semua sudah tersambung dengan wire ,maka akan menjadi rangkaian seperti gambar berikut dibawah ini . 

Demikianlah langkah-langkah cara pembuatan Rangkaian Seven Segment dengan IC 7447 ,menggunakan software Proteus .bila ada kesalahan kata atau huruf saya mohon kritik dan saran demi kebaikan penulis maupun pembaca semua.Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Nama          : Ana Zulbaitinur
Nim            : 13150384
Kelas          : 13.2A.02
Matakuliah : Rangkaian Digital


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi PAT Pramuka 2021

Network Programming 2 Membuat Aplikasi Stopwatch